Wednesday, April 26, 2017

PRINSIP KERJA ENGINE APU

GTCP 85-129


Auxiliary Power Unit adalah bagian dari mesin pesawat terbang yang letaknya dibagian ekor pesawat terbang, adapun fungsi dari APU adalah sebagai berikut :
1. Sebagai pembangkit listrik,yang menghasilkan daya listrik kurang lebih 90 kVA, batas ketinggiannya mencapai 31.000ft.
2. Dengan menghasilkan listrik tersebut, sehingga berfungsi sebagai sumber arus listrik bagi AC dan peralatan uelektronik lainnya pada saat pesawat menaikkan dan menurunkan penumpang atau pada saat pesawat sebelum terbang.
3. Sebagai start Engine
Setelah mesin pesawat menyala dan pesawat itu terbang, sehingga fungsi APU di gantikan dengan mesin pesawat, kemudian mesin APU di matikan.Struktur dari mesin APU terdiri dari beberapa modul atau unit yaitu :
a.gear box assembly
b.compressor
c.turbine (hot section)

A. definisi

Pada Urnumnya APU dikatagorikan sebagai salah satu jenis turbin gas yang digunakan sebagai tenaga pembantu pada pesawat khusus yang dibahas disini pada pesawat Boeing 737- 300/400/500. Engine APU ini dengan type GTCP 85-129 ialah engine buatan Amerika( USA ) dimana suatu engine yang memanfaatkan udara luar untuk dijadikan percampuran pembakaran yang diubah tekanannya menjadi tekanan tinggi pada ruang bakar ( Combution ) dengan bantuan propeler-propeler turbin untuk menghisap udara dari luar kedalam. Engine APU ini mempunyai tiga bagian propeler Iurbin yang digerakan oleh gear box yang terhubung dengan batang penghubung antara propeler dengan gear box. Gear box ini digerakkan oleh electric starter sehingga dapat memutar propeler, propeler ini memiliki sudu—sudu. Dari perputaran propeler udara luar bisa dihisap rnelalui Inlet air plenum, sehingga udara masuk kedalam, dari situ udara diteruskan oleh putaran propeler pertama menuju propeler yang kedua berbentuk satu muka untuk dikompresikan tekanannya menjadi tekanan tinggi yang berbentuk satu muka. Udara yang masuk dari inlet air plenum juga di manfaatkan untuk pendingin generator dan oil cooler yang dihisap oleh cooling fan. Baterei dapat menggerakkan APU untuk pengendalian unit dan penyiaran ulang start, APU control panel pengawasan dari darat. Operasi umum Engine APU adalah suatu turbin gas yang terdiri dan dua kompresor sentrifugal secara langsung menggabungkan suatu single-stage  turbin inflow radial.Batang turbin menghubungkan bagian pengarah aksesori dan menyediakan tenaga untuk mengemudikan assesoris Engine dan generator. Pada saat udara masuk APU menyediakan tekanan udara pintu masuk dam pendingin udara pada Engine APU. Jaringan penerbangan APU terdiri dari komponen rnekanis dan berisi angin, yang berfungsi otomatis, untuk mengatur jumlah maksimum dan tingkat udara yang dapat digambar dari APU yang digunakan pada sistem pesawat udara berisi angin.

 
 SUMBER:http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/n!@file_skripsi/Isi2599597559360.pdf

No comments: