Auxiliary Power Unit adalah bagian dari mesin
pesawat terbang yang letaknya dibagian ekor pesawat terbang, adapun fungsi dari
APU adalah sebagai berikut :
1. Sebagai pembangkit listrik,yang menghasilkan daya
listrik kurang lebih 90 kVA, batas ketinggiannya mencapai 31.000ft.
2. Dengan menghasilkan listrik tersebut, sehingga
berfungsi sebagai sumber arus listrik bagi AC dan peralatan uelektronik lainnya
pada saat pesawat menaikkan dan menurunkan penumpang atau pada saat pesawat
sebelum terbang.
3. Sebagai start Engine
Setelah mesin pesawat menyala dan pesawat itu
terbang, sehingga fungsi APU di gantikan dengan mesin pesawat, kemudian mesin
APU di matikan.Struktur dari mesin APU terdiri dari beberapa modul atau unit
yaitu :
a.gear box assembly
b.compressor
c.turbine (hot section)
Pada Urnumnya APU dikatagorikan sebagai salah
satu jenis turbin gas yang digunakan sebagai tenaga pembantu pada pesawat
khusus yang dibahas disini pada pesawat Boeing 737- 300/400/500. Engine APU ini
dengan type GTCP 85-129 ialah engine buatan Amerika( USA ) dimana suatu engine
yang memanfaatkan udara luar untuk dijadikan percampuran pembakaran yang diubah
tekanannya menjadi tekanan tinggi pada ruang bakar ( Combution ) dengan bantuan
propeler-propeler turbin untuk menghisap udara dari luar kedalam. Engine APU
ini mempunyai tiga bagian propeler Iurbin yang digerakan oleh gear box yang terhubung
dengan batang penghubung antara propeler dengan gear box. Gear box ini
digerakkan oleh electric starter sehingga dapat memutar propeler, propeler ini memiliki
sudu—sudu. Dari perputaran propeler udara luar bisa dihisap rnelalui Inlet air plenum,
sehingga udara masuk kedalam, dari situ udara diteruskan oleh putaran propeler pertama
menuju propeler yang kedua berbentuk satu muka untuk dikompresikan tekanannya
menjadi tekanan tinggi yang berbentuk satu muka. Udara yang masuk dari inlet
air plenum juga di manfaatkan untuk pendingin generator dan oil cooler yang
dihisap oleh cooling fan. Baterei dapat menggerakkan APU untuk pengendalian
unit dan penyiaran ulang start, APU control panel pengawasan dari darat. Operasi
umum Engine APU adalah suatu turbin gas yang terdiri dan dua kompresor sentrifugal
secara langsung menggabungkan suatu single-stage turbin inflow radial.Batang turbin
menghubungkan bagian pengarah aksesori dan menyediakan tenaga untuk mengemudikan
assesoris Engine dan generator. Pada saat udara masuk APU menyediakan tekanan
udara pintu masuk dam pendingin udara pada Engine APU. Jaringan penerbangan APU
terdiri dari komponen rnekanis dan berisi angin, yang berfungsi otomatis, untuk
mengatur jumlah maksimum dan tingkat udara yang dapat digambar dari APU yang
digunakan pada sistem pesawat udara berisi angin.
SUMBER:http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/n!@file_skripsi/Isi2599597559360.pdf
No comments:
Post a Comment