Wednesday, April 26, 2017

FUEL CONTROL UNIT

Engine P&W JT8D


Sistem bahan bakar memasok bahan bakar bersih, diukur ke ruang bakar selama semua kondisi pengoperasian mesin.Tingkatan

pompa mengirim bahan bakar dari tangki pesawat ke inlet pompa bahan bakar. Tekanan bahan bakar inlet biasanya berkisar antara 15 - 25 psig. Ini harus 5 psi lebih tinggi dari tekanan bahan bakar tapi tidak lebih dari 50 psi. Bahan bakar mengalir secara menyeluruh pada tahap dorongan (impeller) yang meningkatkan tekanannya sekitar 10 sampai 60 psi mulai dari lepas landas.

Jika terjadi kegagalan tingkat boost delta P melintasi katup bypass,impeller meningkat. Katup bypass membuka memungkinkan bahan bakar melewati langsung ke tahap peralatan pompa (jika ini terjadi, bahan bakar tidak melewati heater dan saringan bahan bakar utama). Setelah melewati pompa, masuk ke pemanas bahan bakar. Bahan bakar dipanaskan saat melewati pemanas yang menyediakan bahan bakar panas. Jika tekanan turun di pemanas bahan bakar besar, bahan bakar akan bypass ke pemanas. Dari pemanas bahan bakar mengalir ke saringan bahan bakar di pompa bahan bakar.


 Skema fuel pada engine PW JT8D

FUEL FILTER

Fuel Filter berfungsi untuk menyaring kotoran pada bahan bakar yang akan mengalir ke engine

                                                                FUEL FILTER



 


FUEL HEATER EXCHANGER
Fuel yang telah melewati fuel filter akan melewati komponen fuel heater exchanger yang fungsinya untuk memanaskan fuel agar fuel yang akan disemprotkan oleh nozzle sudah dalam keadaan panas.
 
FUEL HEAT EXCHANGER 

FUEL CONTROL UNIT
Fuel control adalah perangkat yang sangat kompleks yang terdiri dari governoor kecepatan, sistem servo dan loop feed back, katup, sistem pengukuran dan berbagai mekanisme penginderaan. Kontrol bahan bakar elektronik mengandung termokopel, amplifier, relay, sakelar sistem servo listrik, dan solenoida.Fuel yang telah diheater tadi, akan dikontrol oleh komponen yang bernama fuel control unit (FCU) agar fuel yang akan disemprotkan oleh nozzle sesuai ratio pembakaran yang dibutuhkan diruang bakar/ combustion chamber.

  FUEL CONTROL UNIT



Fuel Spray Nozzle
Nozzle/ alat penyemprot adalah komponen akhir dari suatu sistem bahan bakar. Yang fungsinya untuk menyemprotkan bahan bakar sehingga berbentuk butiran-butiran bahan bakar yang lembut/ berupa kabut(uap) agar dapat terbakar mudah dengan sempurna.

FUEL NOZZLE


 
Sumber: https://kelaskita.com/media/static/535b17a5d446dc143cff9b1f/2014-04-26-09-21-24.101639_Fuel-System_ATA73.pdf
              https://www.boeing-727.com/Data/engine/Engine%20Fuelsystem.html

No comments: