Mesin turboprop adalah jenis pesawat ditenagai yang
menggunakan turbin gas untuk menggerakkan baling-baling. Turbin gas yang
dirancang khusus untuk aplikasi ini, dengan hampir semua output yang digunakan untuk
menggerakkan baling-baling. Mesin gas buang mengandung energi sedikit
dibandingkan dengan mesin jet dan memainkan peran kecil dalam penggerak
pesawat.
Dalam bentuk yang paling sederhana turboprop terdiri dari
intake, kompresor, ruang bakar, turbin, dan nozzle. Udara ditarik ke dalam
intake dan dikompresi oleh kompresor. Bahan bakar ini kemudian ditambahkan ke
udara dikompresi dalam ruang bakar, di mana campuran bahan bakar-udara dibakar
di combustion. Pembakaran gas panas memperluas melalui turbin. Beberapa
kekuatan yang dihasilkan oleh turbin digunakan untuk menggerakkan kompresor.
Sisanya salurkan melalui gerbox untuk baling-baling. perluasan lebih lanjut
dari gas terjadi di nozel mendorong, di mana gas buang dengan tekanan atmosfer.
exhaust menyediakan proporsi yang relatif kecil dari dorongan yang dihasilkan
oleh sebuah turboprop.
cara kerja mesin propeller
Prinsip kerja mesin ini sama dengan mesin turbojet, hanya
bila pada turbo jet hasil pembakaran yang menghasilkan tekanan langsung di
manfaatkan sebagai daya dorong dengan langsung mengeluarkan nya melalui exhaust
(saluran buang mesin) yang di buat kerucut (konvergent)sehingga membentuk
nozzle yang menyemburkan tekanan tinggi dari gas buang.Pada turbo prop engine
gas buang tersebut hanya digunakan untuk memutar turbin yang kemudian di
teruskan ke gearbox untuk mengurang putaran dari turbine untuk memutar
propeller, putaran propeller itulah yang menghasilkan daya dorong sehingga
pesawat dapat bergerak maju.
Kelebihan pesawat yang menggunakan mesin ini adalah dapat takeoff dan landing pada landasan yang pendek dan pesawat dapat bermanuver baik pada berbagai tingkat ketinggian terbang.
Kelebihan pesawat yang menggunakan mesin ini adalah dapat takeoff dan landing pada landasan yang pendek dan pesawat dapat bermanuver baik pada berbagai tingkat ketinggian terbang.
Cara kerja secara umum mesin ini adalah, Udara luar dihisap masuk melalui saluran masuk(intake) oleh Compressor yang memiliki beberapa tingkatan untuk menghasilkan tekanan udara yang lebih besar, untuk kemudian tekanan tinggi dari udara tersebut di alirkan ke dalam ruang bakar (combustion Chamber),bersamaan dengan masuknya udara bertekanan tinggi di kabutkan pula sejumlah bahan bakar (fuel) dan dibakar dengan penyalaan pertama dengan sparkplug (busi).
Hasil pembakaran yang berupa panas dan tekanan kemudian mendorong sudu-sudu (blade) turbine yang terdiri dari beberapa tingkatan sehingga turbine berputar untuk kemudian keluar melalui saluran buang (exhaust), hasil putaran turbine itulah yang digunakan untuk memutarkan propeller dan poros mesin.Proses tersebut terus berlangsung selama mesin hidup.
Sumber: http://backtea83.blogspot.co.id/2011/08/turbo-propeller-engine.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Turboprop
No comments:
Post a Comment